Melatih Motorik Kasar dan Motorik Halus dirumah oleh orang tua

Jan 20, 2024Pendidikan0 Komentar

Melatih Motorik Kasar dan Motorik Halus dirumah oleh orang tua

Pentingnya melatih motorik anak

Melatih motorik kasar dan motorik halus anak merupakan tugas penting orang tua untuk mendukung perkembangan optimal anak. Berikut adalah beberapa cara orang tua dapat melatih kedua jenis keterampilan motorik ini:

Melatih Motorik Kasar:

  1. Bermain di Luar Ruangan:

   – Ajak anak untuk bermain di taman atau halaman rumah. Berlari, melompat, dan bermain permainan aktif lainnya membantu mengembangkan motorik kasar.

  1. Permainan Estafet:

   – Buat permainan estafet sederhana di mana anak perlu berlari, melompat, atau bergerak secara cepat. Ini membantu meningkatkan kecepatan, keseimbangan, dan koordinasi.

  1. Bermain Olahraga:

   – Ajak anak untuk mencoba berbagai olahraga seperti sepak bola ringan, bersepeda, atau bermain bola basket. Olahraga membantu mengembangkan keterampilan motorik kasar dan keseimbangan tubuh.

  1. Bermain “Simon Says”:

   – Mainkan permainan “Simon Says” yang melibatkan gerakan tubuh seperti melompat atau berputar. Anak perlu mengikuti perintah dengan melakukan gerakan tersebut.

  1. Bermain Balon:

   – Bermain dengan balon dapat melibatkan gerakan menendang, menangkap, dan melempar, membantu meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.

Melatih Motorik Halus:

  1. Bermain Puzzles:

   – Berikan anak berbagai jenis puzzle yang sesuai dengan usianya. Ini membantu melatih kemampuan memegang, memasang, dan menyusun puzzle.

  1. Bermain Menyusun Blok atau LEGO:

   – Aktivitas ini melibatkan penggunaan jari untuk menyusun blok atau LEGO. Ini membantu melatih keterampilan memasang dan mengatur benda-benda kecil.

  1. Bermain Gunting dan Menempel:

   – Berikan gunting anak dan surat kabar atau kertas warna untuk dipotong dan ditempelkan. Ini membantu meningkatkan keterampilan gunting, menggenggam, dan menempel.

  1. Bermain Menggunakan Peralatan Menulis:

   – Ajarkan anak untuk menggunakan pensil, crayon, atau spidol untuk menggambar dan menulis. Latihan ini membantu perkembangan keterampilan menulis dan menggambar.

  1. Bermain Bermain Pasir atau Air:

   – Bermain dengan pasir atau air membantu melatih keterampilan memegang, mencampur, dan menuangkan benda-benda kecil.

  1. Bermain Menggunakan Alat Masak Mini:

   – Ajak anak untuk bermain menggunakan alat masak mini, seperti sendok, saringan, atau cetakan kue kecil. Ini membantu melatih keterampilan menggunakan jari dan tangan.

Ingatlah bahwa penting untuk memilih aktivitas yang sesuai dengan usia dan minat anak. Libatkan mereka dalam aktivitas yang menyenangkan dan mendukung perkembangan motorik mereka, sambil memberikan dorongan positif dan pujian saat mereka mencapai pencapaian baru.

Manfaat untuk anak

Melatih keterampilan motorik kasar dan motorik halus pada anak memiliki banyak manfaat untuk perkembangan fisik, kognitif, dan sosial mereka. Berikut adalah beberapa alasan penting untuk melatih kedua jenis keterampilan motorik ini:

Motorik Kasar:

  1. Kesehatan Fisik:

   – Latihan motorik kasar membantu meningkatkan kesehatan fisik anak, termasuk kekuatan otot, keseimbangan, dan koordinasi gerakan tubuh.

  1. Kemampuan Olahraga:

   – Pengembangan keterampilan motorik kasar membantu anak menjadi lebih terampil dalam berbagai kegiatan olahraga dan aktivitas fisik.

  1. Keterampilan Sosial:

   – Melibatkan anak dalam permainan motorik kasar seringkali dilakukan secara bersama-sama, memungkinkan mereka berinteraksi, berkolaborasi, dan membangun keterampilan sosial.

  1. Perkembangan Otak:

   – Latihan motorik kasar dapat memberikan rangsangan yang diperlukan untuk perkembangan otak anak, terutama bagian yang terkait dengan koordinasi dan pengendalian gerakan tubuh.

  1. Keseimbangan dan Koordinasi:

   – Bermain permainan motorik kasar membantu anak mengembangkan keseimbangan tubuh dan koordinasi yang diperlukan dalam aktivitas sehari-hari.

  1. Pengenalan Lingkungan:

   – Melalui aktivitas motorik kasar, anak dapat lebih memahami dan meresapi lingkungan sekitar mereka.

Motorik Halus:

  1. Keterampilan Akademis:

   – Pengembangan keterampilan motorik halus membantu persiapan anak untuk kegiatan akademis, seperti menulis, membaca, dan matematika.

  1. Kemandirian:

   – Keterampilan motorik halus membantu anak menjadi lebih mandiri dalam melakukan tugas sehari-hari, seperti makan sendiri, berpakaian, dan membersihkan diri.

  1. Koordinasi Mata dan Tangan:

   – Melatih keterampilan motorik halus membantu meningkatkan koordinasi mata dan tangan anak, yang diperlukan untuk kegiatan presisi seperti menulis dan menggambar.

  1. Konsentrasi dan Perhatian:

   – Aktivitas yang melibatkan keterampilan motorik halus dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi dan perhatian anak.

  1. Pengembangan Kreativitas:

   – Melalui aktivitas seperti menggambar dan membuat kerajinan, anak dapat mengekspresikan kreativitas mereka dan mengembangkan imajinasi.

  1. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Masalah:

   – Keterampilan motorik halus membantu anak mengatasi tugas-tugas yang memerlukan pemecahan masalah, seperti merakit puzzle atau menjahit.

Dengan merangsang dan melatih kedua jenis keterampilan motorik ini, anak dapat mengembangkan kemampuan yang holistik, membantu mereka tumbuh dan berkembang secara optimal. Melibatkan anak dalam berbagai aktivitas yang mendukung pengembangan motorik kasar dan motorik halus akan memberikan manfaat jangka panjang untuk perkembangan mereka.

Karya Kreasiku

Kumpulan Pantun (Karya Anak  Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Kumpulan Pantun (Karya Anak Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Pergi ke pasar membeli ubi Ubi merah enak rasanya Mari kita makan bergizi Agar diri kita menjadi sehat (Mas Reyhan) Jalan-jalan ke Kota Makasar Pulangnya bawa oleh-oleh Rajinlah kamu belajar Agar ,enjadi orang yang sukses (Mbak Tazkiya) Lompat jauh si anak kancil...

Pantun Nasehat

Pantun Nasehat

Menanam bunga di depan rumah Mekar artinya penuh warna Cari ilmu hingga berlimpah Agar hidup bisa bermakna Jalan – jalan ke tepi pantai Jangan lupa membawa tikar Jika ingin jadi anak pandai Kamu harus rajin belajar Di pohon jambu ada tupai Tupai senang terkena angin...

INDAHNYA LAUT  #PUISI

INDAHNYA LAUT #PUISI

Oh laut Kau membuat diriku  Terpesona dengan keindahan mu Kau sangat besar Oh laut Kau bagaikan langit yang berwarna biru Dengan keindahanmu ada beberapa orang yang mengagumi keindahanmu Jika engkau tidak ada Aku tidak bisa membayangkan Bagaimana kehidupan...

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Kring… terdengar suara alarm Ray, Ray segera bangun dari karang dan langsung sarapan. Ray berfikir akan pergi berpetualang di laut ia mengajak teman – temanya untuk  meneliti paus. Ray segera pergi ke rumah teman – temannya. Pertama Ray pergi kerumah Rini...

Artikel Terbaru

Terhubung dengan kami

Kabar Sekolah

Model Pembelajaran Habit Forming di Sekolah Islam Yaumi fatimah 

Model pembelajaran "Habit Forming" atau "Pembentukan Kebiasaan" berfokus pada pembentukan kebiasaan positif dalam proses...

Peran guru dalam sekolah Islam

Peran guru dalam sekolah Islam memiliki signifikansi besar dalam membentuk karakter, moralitas, dan pemahaman keagamaan...

Apresiasi terhadap Pengorbanan Guru dalam Mencerdaskan Bangsa

Ilmu merupakan bekal yang tak ternilai harganya dalam kehidupan manusia. Melalui ilmu, manusia dapat meningkatkan taraf...