Model Pembelajaran Habit Forming di Sekolah Islam Yaumi fatimah 

Des 5, 2023Kabar Sekolah, Pendidikan0 Komentar

Model Pembelajaran Habit Forming di Sekolah Islam Yaumi fatimah 

Model pembelajaran “Habit Forming” atau “Pembentukan Kebiasaan” berfokus pada pembentukan kebiasaan positif dalam proses pembelajaran. Ide dasarnya adalah menggunakan prinsip-prinsip psikologi dan neurosains untuk membantu siswa membentuk kebiasaan belajar yang baik. Dalam model ini, tujuan utamanya adalah menciptakan rutinitas dan kebiasaan yang berkontribusi pada pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan.

Beberapa prinsip utama dari model pembelajaran Habit Forming melibatkan:

Tujuan Kecil dan Terukur:

  • Menetapkan tujuan kecil dan terukur membantu siswa fokus pada pencapaian yang dapat diukur. Ini dapat membantu memecah tujuan yang lebih besar menjadi langkah-langkah yang lebih mudah diukur dan dicapai.

Pertanyaan Reflektif:

  • Siswa didorong untuk secara teratur merefleksikan kemajuan mereka, baik secara individu maupun bersama guru atau teman sekelas. Pertanyaan reflektif membantu siswa memahami kekuatan dan kelemahan mereka dalam membentuk kebiasaan belajar.

Penggunaan Pengingat dan Pengingat Visual:

  • Penggunaan pengingat dan pengingat visual dapat membantu siswa mengingat tugas-tugas atau kegiatan pembelajaran yang harus mereka lakukan. Hal ini dapat berupa pengingat di ponsel, post-it di meja, atau elemen visual lainnya.

Pemberian Umpan Balik Positif:

  • Umpan balik positif dapat memperkuat kebiasaan belajar yang diinginkan. Guru dapat memberikan pujian atau pengakuan kepada siswa yang konsisten dalam membentuk kebiasaan positif.
Baca Juga  DAY CARE YAUMI FATIMAH MENGASUH DENGAN HATI

Penggunaan Sistem Hadiah:

  • Sistem hadiah, seperti poin atau tangga prestasi, dapat memberikan insentif tambahan untuk siswa yang mencapai tujuan atau konsisten dalam membentuk kebiasaan belajar yang positif.

Pertumbuhan Melalui Proses:

  • Mengajarkan siswa bahwa proses pembentukan kebiasaan adalah perjalanan pertumbuhan dan bahwa kegagalan adalah bagian alami dari proses tersebut. Ini mendorong siswa untuk tetap termotivasi meskipun menghadapi rintangan.

Keterlibatan Siswa dalam Penetapan Tujuan:

  • Siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran ketika mereka ikut menetapkan tujuan mereka sendiri. Hal ini dapat memberikan rasa kepemilikan yang lebih besar terhadap tujuan dan kebiasaan yang mereka bentuk.

Integrasi dengan Rutinitas Sehari-hari:

  • Membentuk kebiasaan belajar lebih efektif ketika itu terintegrasi dengan rutinitas sehari-hari siswa. Sebagai contoh, menetapkan waktu tetap untuk belajar setiap hari atau menghubungkan pembelajaran dengan aktivitas rutin dapat membantu membentuk kebiasaan tersebut.

Contoh penerapan konsep habit forming di sekolah

Pembentukan Rutinitas Harian

   Sekolah dapat membantu siswa membentuk kebiasaan belajar dengan menetapkan rutinitas harian yang konsisten. Misalnya, menetapkan waktu khusus untuk membaca buku setiap hari atau menjadwalkan sesi revisi pada waktu yang sama setiap minggu.

Penggunaan Pengingat dan Agenda

   Siswa dapat diberikan agenda atau planner untuk mencatat tugas, jadwal ujian, dan proyek. Pengingat reguler atau notifikasi di ponsel atau komputer juga dapat membantu siswa tetap terorganisir.

 Umpan Balik Positif dan Penghargaan

   Menerapkan sistem pemberian umpan balik positif dan penghargaan untuk siswa yang menunjukkan kebiasaan belajar yang baik. Ini dapat berupa sertifikat prestasi, pengakuan di depan kelas, atau poin yang dapat ditukarkan dengan hadiah.

Proyek Kolaboratif dan Tim

   Mendorong siswa untuk bekerja dalam proyek kolaboratif atau tim dapat membantu membentuk kebiasaan kerja sama dan komunikasi yang baik. Pengalaman positif dalam kerja tim dapat mendorong siswa untuk membentuk kebiasaan positif dalam belajar bersama.

Baca Juga  Peran Sekolah dalam pembentukan akhlak siswa

Pengajaran Keterampilan Manajemen Waktu

   Integrasi pembelajaran keterampilan manajemen waktu dalam kurikulum membantu siswa mengembangkan kebiasaan efisien dalam mengatur waktu mereka untuk berbagai tugas dan kegiatan.

Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Keterampilan

   Menawarkan kegiatan ekstrakurikuler yang membangun keterampilan tertentu (seperti klub penulisan, klub sains, atau klub seni) dapat membantu siswa membentuk kebiasaan belajar yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Peningkatan Kesadaran Diri

   Mendorong siswa untuk memantau kemajuan mereka sendiri dan merefleksikan kebiasaan belajar mereka. Ini dapat dilakukan melalui jurnal refleksi, pertemuan individu dengan guru, atau diskusi di kelas.

Pembiasaan Shalat dan Kegiatan Keagamaan

   Di sekolah Islam, membentuk kebiasaan shalat dan melibatkan siswa dalam kegiatan keagamaan seperti bacaan Al-Quran, dzikir, dan kegiatan keagamaan lainnya dapat menjadi bagian penting dari habit forming.

Pembentukan Etika dan Sikap Positif

    Melalui pendidikan karakter dan pembentukan etika, sekolah dapat membantu siswa membentuk kebiasaan positif dalam sikap, perilaku, dan interaksi dengan orang lain. Melalui pendekatan ini, sekolah islam dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan kebiasaan belajar positif dan membantu siswa mengintegrasikan kebiasaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Model pembelajaran Habit Forming mencoba memanfaatkan pemahaman tentang bagaimana otak dan psikologi individu bekerja dalam membentuk kebiasaan. Dengan merancang strategi pembelajaran yang memanfaatkan prinsip-prinsip ini, guru dapat membantu siswa mengembangkan kebiasaan belajar yang positif dan berkelanjutan.

Bisa Karena Terbiasa. yuk daftarkan buah hati anda di Sekolah Islam Yaumi Fatimah
Mulai dari jenjang Daycare, TK, SD hingga SMP.

Karya Kreasiku

Kumpulan Pantun (Karya Anak  Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Kumpulan Pantun (Karya Anak Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Pergi ke pasar membeli ubi Ubi merah enak rasanya Mari kita makan bergizi Agar diri kita menjadi sehat (Mas Reyhan) Jalan-jalan ke Kota Makasar Pulangnya bawa oleh-oleh Rajinlah kamu belajar Agar ,enjadi orang yang sukses (Mbak Tazkiya) Lompat jauh si anak kancil...

Pantun Nasehat

Pantun Nasehat

Menanam bunga di depan rumah Mekar artinya penuh warna Cari ilmu hingga berlimpah Agar hidup bisa bermakna Jalan – jalan ke tepi pantai Jangan lupa membawa tikar Jika ingin jadi anak pandai Kamu harus rajin belajar Di pohon jambu ada tupai Tupai senang terkena angin...

INDAHNYA LAUT  #PUISI

INDAHNYA LAUT #PUISI

Oh laut Kau membuat diriku  Terpesona dengan keindahan mu Kau sangat besar Oh laut Kau bagaikan langit yang berwarna biru Dengan keindahanmu ada beberapa orang yang mengagumi keindahanmu Jika engkau tidak ada Aku tidak bisa membayangkan Bagaimana kehidupan...

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Kring… terdengar suara alarm Ray, Ray segera bangun dari karang dan langsung sarapan. Ray berfikir akan pergi berpetualang di laut ia mengajak teman – temanya untuk  meneliti paus. Ray segera pergi ke rumah teman – temannya. Pertama Ray pergi kerumah Rini...

Artikel Terbaru

Terhubung dengan kami

Kabar Sekolah

Peran guru dalam sekolah Islam

Peran guru dalam sekolah Islam memiliki signifikansi besar dalam membentuk karakter, moralitas, dan pemahaman keagamaan...

Apresiasi terhadap Pengorbanan Guru dalam Mencerdaskan Bangsa

Ilmu merupakan bekal yang tak ternilai harganya dalam kehidupan manusia. Melalui ilmu, manusia dapat meningkatkan taraf...

Selamat Hari Guru Nasional

Selamat Hari Guru Nasional 2023 Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar View this post on Instagram A post shared by...