MANFAAT BERMAIN SUSUN BALOK

Jan 3, 2024Pendidikan0 Komentar

MANFAAT BERMAIN SUSUN BALOK

Mulai dari mengasah kemampuan motorik hingga mempertajam kemampuan koordinasi tangan dan mata, berikut adalah manfaat permainan menyusun balok untuk anak.

Mengasah kemampuan motorik halus dan kasar

Tahukah Anda bahwa mainan balok susun dapat membantu mengasah kemampuan motorik halus dan kasar anak?

Saat anak bermain balok, mereka akan menggeser, merangkak, meregangkan, atau melakukan aktivitas lain yang mengharuskan tubuh bergerak. Ini dipercaya bisa membantu anak mengasah kemampuan motorik kasarnya.

Di sisi lain, anak juga menggunakan tangan dan jarinya saat bermain balok sehingga dapat mendukung kemampuan motorik halus mereka.

Mempertajam nalar spasial

Mainan balok juga dianggap membantu mempertajam nalar spasial (spatial reasoning) anak.

Pasalnya, menyusun dan mencocokkan balok dapat membantu mereka memahami persepsi arah, bentuk, serta ruang yang berbeda.

Melalui pemikiran kritis mengenai mencocokan balok yang paling tepat ini, anak akan menggunakan dan mengasah penalaran spasialnya.

Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Saat bermain balok, anak-anak dapat meningkatkan koordinasi tangan-mata dengan cara mengontrol tangan dan jari, lalu menghubungkannya dengan sentuhan dan penglihatan.

Dengan mengambil balok dan menempatkannya pada suatu struktur, anak bisa mengembangkan kesadaran akan hubungan mata dan gerakan tubuh mereka.

Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah

Saat anak berkutat dengan permainan balok, mereka dapat melewati fase trial & error.

Fase ini dapat menuntut mereka untuk mencari metode terbaik dalam mengatasi permasalahan yang tengah dihadapi.

Terlebih lagi, anak bisa mencari tahu mengapa mereka gagal dalam menyambung atau menyusun baloknya.

Baca Juga  Membangun Generasi Gemilang: Sinergi Sekolah dan Keluarga

Berbagai bentuk trial & error ini yang dianggap bisa membantu meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah anak.

Membantu anak mengenal matematika dan ilmiah

Jangan salah, anak-anak dapat mulai berpikir tentang matematika saat memainkan mainan balok susun, bahkan ketika mereka tidak menyadarinya.

Anak-anak kerap menghitung, membandingkan ukuran, memberi nama bentuk, dan menggabungkan dua bentuk untuk membuat bentuk baru lainnya.

Ditambah lagi, anak-anak akan menguji hipotesis saat membangun permainan balok. Ini diyakini bisa menumbuhkan keterampilan penalaran ilmiah pada anak.

Meningkatkan rentang perhatian

Siapa sangka, ternyata balok mainan anak berpotensi meningkatkan rentang perhatian (attention span) mereka.

Sebab, anak dapat menghabiskan waktu lama saat berkutat dengan permainan baloknya. Mereka biasanya juga menghabiskan waktu yang lebih lama dalam permainan ini, ketimbang aktivitas lainnya.

Misalnya, anak bertekad untuk membuat menara tertinggi dengan balok-baloknya. Ketika mereka gagal, mereka akan terus mencoba untuk membuatnya kembali.

Ini dianggap bisa mendorong batas konsentrasi anak dan meningkatkan rentang perhatian mereka secara keseluruhan.

Karya Kreasiku

Kumpulan Pantun (Karya Anak  Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Kumpulan Pantun (Karya Anak Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Pergi ke pasar membeli ubi Ubi merah enak rasanya Mari kita makan bergizi Agar diri kita menjadi sehat (Mas Reyhan) Jalan-jalan ke Kota Makasar Pulangnya bawa oleh-oleh Rajinlah kamu belajar Agar ,enjadi orang yang sukses (Mbak Tazkiya) Lompat jauh si anak kancil...

Pantun Nasehat

Pantun Nasehat

Menanam bunga di depan rumah Mekar artinya penuh warna Cari ilmu hingga berlimpah Agar hidup bisa bermakna Jalan – jalan ke tepi pantai Jangan lupa membawa tikar Jika ingin jadi anak pandai Kamu harus rajin belajar Di pohon jambu ada tupai Tupai senang terkena angin...

INDAHNYA LAUT  #PUISI

INDAHNYA LAUT #PUISI

Oh laut Kau membuat diriku  Terpesona dengan keindahan mu Kau sangat besar Oh laut Kau bagaikan langit yang berwarna biru Dengan keindahanmu ada beberapa orang yang mengagumi keindahanmu Jika engkau tidak ada Aku tidak bisa membayangkan Bagaimana kehidupan...

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Kring… terdengar suara alarm Ray, Ray segera bangun dari karang dan langsung sarapan. Ray berfikir akan pergi berpetualang di laut ia mengajak teman – temanya untuk  meneliti paus. Ray segera pergi ke rumah teman – temannya. Pertama Ray pergi kerumah Rini...

Artikel Terbaru

Terhubung dengan kami

Kabar Sekolah

Model Pembelajaran Habit Forming di Sekolah Islam Yaumi fatimah 

Model pembelajaran "Habit Forming" atau "Pembentukan Kebiasaan" berfokus pada pembentukan kebiasaan positif dalam proses...

Peran guru dalam sekolah Islam

Peran guru dalam sekolah Islam memiliki signifikansi besar dalam membentuk karakter, moralitas, dan pemahaman keagamaan...

Apresiasi terhadap Pengorbanan Guru dalam Mencerdaskan Bangsa

Ilmu merupakan bekal yang tak ternilai harganya dalam kehidupan manusia. Melalui ilmu, manusia dapat meningkatkan taraf...