Manfaat Memiliki Anak Shalih

Des 30, 2023Pendidikan0 Komentar

Manfaat Memiliki Anak Shalih

Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan:

ولا يزال الولد الصالح يستغفر لأبيه،حتى يُغفر له، ثم ترفع درجته في الجنة

🛍️Anak yang shalih akan senantiasa memintakan ampunan untuk bapaknya sampai dia (bapaknya) diampuni oleh Allah dan diangkat derajatnya di dalam surga.

📚Syarh Al-Washiyyah as-Sughra 131.

Memiliki anak shalih, yang bermakna memiliki anak yang taat kepada Allah, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab, memberikan berbagai manfaat positif baik di dunia maupun di akhirat. Berikut adalah beberapa manfaat memiliki anak shalih:

Doa sebagai Amal Jariyah

   – Anak shalih yang taat kepada Allah menjadi amal jariyah bagi orangtua. Setiap kebaikan dan amal perbuatan anak shalih akan terus mengalir pahalanya kepada orangtua, bahkan setelah mereka meninggal dunia.

Penyokong di Dunia dan Akhirat

   – Anak shalih adalah dukungan dan bantuan bagi orangtua di dunia ini. Mereka bisa menjadi penyokong emosional, moral, dan bahkan finansial. Di akhirat, keberadaan anak shalih dapat menjadi penolong dan penengah bagi orangtuanya.

Ketentraman Hati Orangtua

   – Keberadaan anak shalih memberikan ketentraman dan kebahagiaan hati bagi orangtua. Melihat anak yang taat kepada Allah dan berakhlak baik menjadi sumber kebahagiaan dan kebanggaan.

Dakwah Melalui Keluarga

   – Anak shalih dapat menjadi agen dakwah melalui tindakan dan perilakunya yang baik. Keluarga yang hidup sesuai dengan ajaran Islam dapat memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar.

Penghalang dari Kesulitan di Akhirat

   – Anak shalih dapat menjadi penghalang bagi orangtuanya dari azab dan kesulitan di akhirat. Dalam hadis, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa anak shalih adalah salah satu bentuk perlindungan dari api neraka.

Peningkatan Kualitas Keluarga

   – Kehadiran anak shalih dapat meningkatkan kualitas dan keharmonisan keluarga. Mereka membawa keberkahan dan keharmonisan dalam rumah tangga.

Warisan Kebaikan

   – Anak shalih adalah warisan kebaikan bagi orangtua. Mereka melanjutkan perjuangan orangtua dalam mendidik generasi yang taat kepada Allah.

Pengajaran Nilai-nilai Moral

   – Anak shalih dapat menjadi teladan bagi saudara-saudaranya dan orang-orang di sekitarnya. Mereka dapat menjadi sumber inspirasi untuk mengikuti nilai-nilai moral dan etika yang baik.

Doa dari Anak Shalih

   – Anak shalih yang berbakti kepada orangtua seringkali mendoakan kebaikan untuk orangtua mereka. Doa anak shalih memiliki kekuatan besar di sisi Allah.

Pahala Sedekah Jariyah

    – Setiap amal kebaikan yang diajarkan dan diterapkan oleh anak shalih dapat menjadi sumber pahala sedekah jariyah bagi orangtua dan keluarga.

Pelanjut Membangun Umat

    – Anak shalih dapat menjadi generasi penerus yang membawa misi membangun umat dan memperjuangkan nilai-nilai Islam.

Memiliki anak shalih bukan hanya kebahagiaan di dunia, tetapi juga investasi besar untuk kehidupan di akhirat. Oleh karena itu, mendidik anak dengan nilai-nilai agama dan etika yang baik sangatlah penting.

Karya Kreasiku

Kumpulan Pantun (Karya Anak  Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Kumpulan Pantun (Karya Anak Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Pergi ke pasar membeli ubi Ubi merah enak rasanya Mari kita makan bergizi Agar diri kita menjadi sehat (Mas Reyhan) Jalan-jalan ke Kota Makasar Pulangnya bawa oleh-oleh Rajinlah kamu belajar Agar ,enjadi orang yang sukses (Mbak Tazkiya) Lompat jauh si anak kancil...

Pantun Nasehat

Pantun Nasehat

Menanam bunga di depan rumah Mekar artinya penuh warna Cari ilmu hingga berlimpah Agar hidup bisa bermakna Jalan – jalan ke tepi pantai Jangan lupa membawa tikar Jika ingin jadi anak pandai Kamu harus rajin belajar Di pohon jambu ada tupai Tupai senang terkena angin...

INDAHNYA LAUT  #PUISI

INDAHNYA LAUT #PUISI

Oh laut Kau membuat diriku  Terpesona dengan keindahan mu Kau sangat besar Oh laut Kau bagaikan langit yang berwarna biru Dengan keindahanmu ada beberapa orang yang mengagumi keindahanmu Jika engkau tidak ada Aku tidak bisa membayangkan Bagaimana kehidupan...

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Kring… terdengar suara alarm Ray, Ray segera bangun dari karang dan langsung sarapan. Ray berfikir akan pergi berpetualang di laut ia mengajak teman – temanya untuk  meneliti paus. Ray segera pergi ke rumah teman – temannya. Pertama Ray pergi kerumah Rini...

Artikel Terbaru

Terhubung dengan kami

Kabar Sekolah

Model Pembelajaran Habit Forming di Sekolah Islam Yaumi fatimah 

Model pembelajaran "Habit Forming" atau "Pembentukan Kebiasaan" berfokus pada pembentukan kebiasaan positif dalam proses...

Peran guru dalam sekolah Islam

Peran guru dalam sekolah Islam memiliki signifikansi besar dalam membentuk karakter, moralitas, dan pemahaman keagamaan...

Apresiasi terhadap Pengorbanan Guru dalam Mencerdaskan Bangsa

Ilmu merupakan bekal yang tak ternilai harganya dalam kehidupan manusia. Melalui ilmu, manusia dapat meningkatkan taraf...