081575636155 sibiyaumi@gmail.com

DISLEKSIA

Feb 24, 2018Ruang Psikolog0 Komentar

Artikel Psikologi

DISLEKSIA

AdinSuryadin,Psi,M.Si

 

Bagaimana seharusnya orang tua mendidik anak yang disleksia di rumah ? dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Usahakan selalu aktif dalam mendampingi dari waktu ke waktu, karena anak disleksia akan banyak mengalami kesulitan dalam belajar dengan sering merasa gagal kalau tidak didampingi akan semakin merasa bodoh.
  • Memberikan dorongan kepercayaan diri, anak disleksia akan cenderung menghabiskan waktunya untuk belajar membaca dan bertutur kata, kalau tidak mempunyai kepercayaan diri sulit untuk bertahan dalam balajar.
  • Buatlah semenarik mungkin ketika mengajari membaca agar anak disleksia bisa terus semangat belajar.
  • Bantu mereka dengan teknologi, misalnya dengan program software membaca di komputer dimana anak akan sering melihat huruf, gabungan suku kata, kata dan kalimat beserta suara membacanya. Misalnya program software Dragon Naturally Speaking atau Kurzweil 3000.
  • Gunakan metode pendekatan multi-Sensori, yaitu mengajar membaca dengan melibatkan banyak indera selain melihat,mendengar juga bisa dengan rabaan atau taktil.

Bila si kecil mengalami kesulitan membaca secara teknis, seperti sering tebolak-balik membaca kata atau bingung dengan huruf yang bentuknya mirip, kita bisa membantunya dengan cara:

  • Mulailah melatihnya dengan mengenalkan huruf, suku kata, lalu berlanjut dengan kata yang terdiri dari dua suku kata, dan seterusnya. Anda juga bisa membuatkan huruf dengan warna-warni agar lebih bersemangat dan mudah di ingat.
  • Lakukan metode dikte, coba anda mendiktekan satu kata dan biarkan si kecil menuliskannya atau anak kita yang mendikte dan kita yang menuliskan lalu suruh si kecil membaca kembali.
  • Berikan tugas yang melatih rangsang visual misalnya mencari benda-benda kecil tersembunyi, melihat perbedaan dan persamaan dalam gambar, dll.
  • Lakukan permaianan yang melatih kemampuan mengurutkan, berhitung mundur, menyusun angka dan kalimat, dll.
  • Ajak si kecil untuk mengikuti permainan baris berbaris, atau permaian pegang telinga kiri dan telinga kanan untuk meningkatkan kemampuan orintasi pada anak.
  • Jangan memfokuskan pada kelemahannya, dukung dan kegiatan yang disenangi, agar ia tetap semangat belajar dan percaya diri.
  • Bila belum banyak perkembangan anda bisa membawanya kepada psikolog untuk mendapatkan proram terapi edukasi untuk anak kesulitan belajar.

Wallahu a’lam bishowab………

 

Karya Kreasiku

Kumpulan Pantun (Karya Anak  Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Kumpulan Pantun (Karya Anak Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Pergi ke pasar membeli ubi Ubi merah enak rasanya Mari kita makan bergizi Agar diri kita menjadi sehat (Mas Reyhan) Jalan-jalan ke Kota Makasar Pulangnya bawa oleh-oleh Rajinlah kamu belajar Agar ,enjadi orang yang sukses (Mbak Tazkiya) Lompat jauh si anak kancil...

Pantun Nasehat

Pantun Nasehat

Menanam bunga di depan rumah Mekar artinya penuh warna Cari ilmu hingga berlimpah Agar hidup bisa bermakna Jalan – jalan ke tepi pantai Jangan lupa membawa tikar Jika ingin jadi anak pandai Kamu harus rajin belajar Di pohon jambu ada tupai Tupai senang terkena angin...

INDAHNYA LAUT  #PUISI

INDAHNYA LAUT #PUISI

Oh laut Kau membuat diriku  Terpesona dengan keindahan mu Kau sangat besar Oh laut Kau bagaikan langit yang berwarna biru Dengan keindahanmu ada beberapa orang yang mengagumi keindahanmu Jika engkau tidak ada Aku tidak bisa membayangkan Bagaimana kehidupan...

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Kring… terdengar suara alarm Ray, Ray segera bangun dari karang dan langsung sarapan. Ray berfikir akan pergi berpetualang di laut ia mengajak teman – temanya untuk  meneliti paus. Ray segera pergi ke rumah teman – temannya. Pertama Ray pergi kerumah Rini...

DISLEKSIA

Terhubung dengan kami

MENDIDIK ANAK MILENIA DI ERA DIGITAL

           Era Milenia merupakan jaman dimana pada masa ini semua aspek kehidupan didukung penuh oleh sarana teknologi yang modern. Pada masa ini anak-anak sudah sangat mudah melakukan sesuatu dan sangat cepat...

Pendaftaran Siswa Baru Sekolah Islam

Lokasi & Jenjang PendidikanDaycareBatitaPlaygroupTKSDSMPBatita Playgroup TK SDDaycare Batita Playgroup TKDaycare Batita Playgroup TK[dvppl_cf7_styler use_form_button_fullwidth="on" cf7="2421" form_field_padding="10px|15px|10px|15px|true|true"...

Awan

Lihatlah langit soremu cinta Lukisan apakah di sana? Ekspresif penuh warna merah saga Atau naturalis lembut indah segala warna Comulus, sirus, atau stratonimbus yang gelap gulita Janganlah engkau bermuram durja Pemeliharaan Allah begitu detail, lembut, dan sempurna...