Peran Sekolah dalam pembentukan akhlak siswa

Des 21, 2023Pendidikan0 Komentar

Peran Sekolah dalam pembentukan akhlak siswa

Pendidikan akhlak sangat diperlukan bagi kehidupan manusia untuk kelangsungan hidup yang bertujuan untuk membangun akhlak manusia yang sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan Hadits. 

Sekolah Islam merupakan salah satu jenis lembaga pendidikan yang memiliki peran penting dalam pembentukan akhlak siswa. Sekolah Islam memiliki visi untuk mencetak generasi muda yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan memiliki ilmu pengetahuan.

Namun, sekolah Islam kerap kali dihadapkan dengan stigma negatif. Stigma negatif tersebut antara lain bahwa sekolah Islam hanya mengajarkan dogmatisme agama, tidak mengajarkan ilmu pengetahuan, dan hanya mencetak lulusan yang kaku dan tidak kreatif.

Pembentukan Akhlak Islami

Pembentukan akhlak Islami merupakan salah satu tujuan utama pendidikan Islam. Akhlak Islami adalah akhlak yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam, seperti kejujuran, amanah, toleransi, dan sebagainya.

Pembentukan akhlak Islami di sekolah Islam dilakukan melalui berbagai pendekatan, antara lain:

Pendidikan agama 

Pendidikan agama merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah Islam. Mata pelajaran ini mengajarkan siswa tentang nilai-nilai Islam dan bagaimana menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

KBM dan Ekstrakurikuler 

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan akhlak siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan akhlak siswa antara lain:

  • Pramuka: Pramuka mengajarkan siswa tentang kedisiplinan, kerja sama, dan tanggung jawab.
  • Rohis: Rohis mengajarkan siswa tentang nilai-nilai Islam dan bagaimana mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
  • Olahraga: Olahraga mengajarkan siswa tentang sportivitas, kejujuran, dan pantang menyerah.
  • Pola pembiasaan: Pola pembiasaan merupakan salah satu cara yang efektif untuk membentuk akhlak siswa. Pola pembiasaan yang dapat diterapkan di sekolah Islam antara lain:
  • Shalat berjamaah: Shalat berjamaah mengajarkan siswa tentang pentingnya disiplin, kerjasama, dan kebersamaan.
  • Membaca Al-Qur’an: Membaca Al-Qur’an mengajarkan siswa tentang nilai-nilai Islam dan bagaimana menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bersikap sopan santun: Sikap sopan santun mengajarkan siswa tentang pentingnya menghormati orang lain.

Menjawab Stigma Negatif

Sekolah Islam memiliki berbagai keunggulan dalam pembentukan akhlak siswa, antara lain:

Pembelajaran agama yang lebih intensif: 

Sekolah Islam memiliki waktu pembelajaran agama yang lebih banyak dibandingkan sekolah umum. Hal ini memungkinkan sekolah Islam untuk mengajarkan siswa tentang nilai-nilai Islam secara lebih mendalam.

Pendekatan pendidikan yang holistik:

Pendidikan di sekolah Islam tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga aspek afektif dan psikomotorik. Hal ini memungkinkan sekolah Islam untuk membentuk akhlak siswa secara menyeluruh.

Lingkungan sekolah yang kondusif:

Sekolah Islam memiliki lingkungan sekolah yang kondusif untuk membentuk akhlak siswa. Hal ini karena sekolah Islam memiliki aturan yang tegas dan lingkungan yang Islami.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, sekolah Islam memiliki peran penting dalam pembentukan akhlak siswa. Sekolah Islam dapat mencetak generasi muda yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan memiliki ilmu pengetahuan.

Sekolah Islam merupakan salah satu alternatif pendidikan yang dapat dipilih oleh orang tua untuk membentuk akhlak siswa. Sekolah Islam memiliki berbagai keunggulan dalam pembentukan akhlak siswa, sehingga dapat menjawab stigma negatif yang kerap kali dialamatkan kepadanya.

Daftarkan Buah Hati anda di Sekolah Islam Yaumi Fatimah

Melalui Link dibawah ini

Karya Kreasiku

Kumpulan Pantun (Karya Anak  Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Kumpulan Pantun (Karya Anak Kelas 5 SDIT Yaumi Fatimah Juwana)

Pergi ke pasar membeli ubi Ubi merah enak rasanya Mari kita makan bergizi Agar diri kita menjadi sehat (Mas Reyhan) Jalan-jalan ke Kota Makasar Pulangnya bawa oleh-oleh Rajinlah kamu belajar Agar ,enjadi orang yang sukses (Mbak Tazkiya) Lompat jauh si anak kancil...

Pantun Nasehat

Pantun Nasehat

Menanam bunga di depan rumah Mekar artinya penuh warna Cari ilmu hingga berlimpah Agar hidup bisa bermakna Jalan – jalan ke tepi pantai Jangan lupa membawa tikar Jika ingin jadi anak pandai Kamu harus rajin belajar Di pohon jambu ada tupai Tupai senang terkena angin...

INDAHNYA LAUT  #PUISI

INDAHNYA LAUT #PUISI

Oh laut Kau membuat diriku  Terpesona dengan keindahan mu Kau sangat besar Oh laut Kau bagaikan langit yang berwarna biru Dengan keindahanmu ada beberapa orang yang mengagumi keindahanmu Jika engkau tidak ada Aku tidak bisa membayangkan Bagaimana kehidupan...

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Meneliti di Laut Dalam #Cerpen

Kring… terdengar suara alarm Ray, Ray segera bangun dari karang dan langsung sarapan. Ray berfikir akan pergi berpetualang di laut ia mengajak teman – temanya untuk  meneliti paus. Ray segera pergi ke rumah teman – temannya. Pertama Ray pergi kerumah Rini...

Artikel Terbaru

Terhubung dengan kami

Kabar Sekolah

Model Pembelajaran Habit Forming di Sekolah Islam Yaumi fatimah 

Model pembelajaran "Habit Forming" atau "Pembentukan Kebiasaan" berfokus pada pembentukan kebiasaan positif dalam proses...

Peran guru dalam sekolah Islam

Peran guru dalam sekolah Islam memiliki signifikansi besar dalam membentuk karakter, moralitas, dan pemahaman keagamaan...

Apresiasi terhadap Pengorbanan Guru dalam Mencerdaskan Bangsa

Ilmu merupakan bekal yang tak ternilai harganya dalam kehidupan manusia. Melalui ilmu, manusia dapat meningkatkan taraf...